Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR), yang melibatkan penyaringan, review, klasifikasi, dan analisis temuan dari artikel-artikel ilmiah terkait MBS yang dipublikasikan antara 2019 hingga 2023. Data diperoleh dari Google Scholar dan dianalisis dengan tahapan membaca literatur, mengidentifikasi konsep kunci, mengkategorikan konsep, menganalisis metode penelitian, subjek penelitian, serta menyusun kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan MBS di SMK memberikan manfaat signifikan seperti fleksibilitas dalam menyusun kurikulum sesuai kebutuhan industri lokal dan peningkatan partisipasi berbagai pemangku kepentingan dalam pengelolaan sekolah. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan MBS berpotensi besar untuk meningkatkan mutu pendidikan dan relevansi keterampilan siswa dengan kebutuhan industri. Dengan mengatasi tantangan-tantangan tersebut, MBS dapat menjadi strategi efektif untuk menciptakan pendidikan kejuruan yang lebih responsif dan relevan.
Copyrights © 2024