Journal of Education Research
Vol. 5 No. 3 (2024)

Analisis Manajemen Berbasis Sekolah pada Sekolah Menengah Kejuruan: Studi Literatur

Husni, Ilvi Nirma (Unknown)
Giatman, Muhammad (Unknown)
Ernawati, Ernawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR), yang melibatkan penyaringan, review, klasifikasi, dan analisis temuan dari artikel-artikel ilmiah terkait MBS yang dipublikasikan antara 2019 hingga 2023. Data diperoleh dari Google Scholar dan dianalisis dengan tahapan membaca literatur, mengidentifikasi konsep kunci, mengkategorikan konsep, menganalisis metode penelitian, subjek penelitian, serta menyusun kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan MBS di SMK memberikan manfaat signifikan seperti fleksibilitas dalam menyusun kurikulum sesuai kebutuhan industri lokal dan peningkatan partisipasi berbagai pemangku kepentingan dalam pengelolaan sekolah. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan MBS berpotensi besar untuk meningkatkan mutu pendidikan dan relevansi keterampilan siswa dengan kebutuhan industri. Dengan mengatasi tantangan-tantangan tersebut, MBS dapat menjadi strategi efektif untuk menciptakan pendidikan kejuruan yang lebih responsif dan relevan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...