Sebagai pemimpin tertinggi di lembaga pendidikan, kepala madrasah bertangungjawab terhadap pengembangan madrasah dan memiliki peranan penting dalam pengelolaan madrasah. Pimpinan madrasah harus memiliki kekuatan kreatif yang diperlukan untuk mengelola lembaga pendidikan dengan efektif dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan kepala madrasah terhadap pengembangan kemampuan profesional guru . Penelitian ini menerapkan metode penelitian kuantitatif. Sumber data utamanya mencangkup populasi dan sampel, jenis skala data, serta instrumen penelitian yang diterapkan. Peneliti menggunakan metode pengambilan sampel acak berjumlah seluruh dewan guru. Instrumen data penelitian ini menggunakan angket (kuiseioner) dan disebarkan kepada seluruh dewan guru . Product moment digunakan untuk menganalisis data. Metode penelitian ini menguji uji validitas dan uji reliabilitas. Dalam penelitian ini, peneliti akan menguji uji asumsi klasik terutama melakukan uji normalitas. Penelitian ini menerapkan analisis linier sederhana untuk mengolah data. Koefisien korelasi dihitung dengan R Square. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t (parsial). Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa gaya kepemimpinan (leadership style) kepala madrasah memainkan peran penting dalam meningkatkan pengembangan profesional guru. Implikasi dari temuan penelitian ini diharapkan kepemimpinan kepala madrasah dapat mengembangkan profesional guru lebih kualitas dan bermutu.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024