Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran atau sekarang disebut kompetensi pedagogik harus dimiliki oleh semua guru, atau calon guru dalam mengemban tugasnya agar proses belajar mengajar dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien serta mencapai hasil yang diharapkan. Tujuan yang dilakukannya penelitian ini auntuk: (1) Mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja akademik guru, (2) Mengetahui pengaruh iklim sekolah terhadap kinerja akademik guru, (3) Mengetahui pengaruh kompetensi pedagogi terhadap kinerja akademik guru, (4) Mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan terhadap disiplin kerja guru, (5) Mengetahui pengaruh iklim sekolah terhadap disiplin kerja guru, (6) Mengetahui pengaruh kompetensi pedagogi terhadap disiplin kerja guru, (7) Mengetahui pengaruh disiplin kerja guru terhadap kinerja akademik guru, (8) Mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja akademik dengan disiplin kerja sebagai variabel mediasi pada guru, (9) Mengetahui pengaruh iklim sekolah terhadap kinerja akademik dengan disiplin kerja sebagai variabel mediasi pada guru, dan (10) Mengetahui pengaruh kompetensi pedagogi terhadap kinerja akademik dengan disiplin kerja sebagai variabel mediasi pada guru TK Se Kota Tegal. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian guru TK Se Kota Tegal yang berjumlah 314 orang guru. Sampel berjumlah 109 orang. Langkah-langkah dalam pengolahan data variabel adalah melakukan input data hasil rekapitulasi kuesioner. Data selesai dianalisis dengan menjumlahkan butir pernyataan dalam satu variabel, selanjutnya melakukan dua kali model regresi yang dianalisis menggunakan program SPSS: (1) Menghitung Koefisien Jalur (Path Analysis) dan (2) Tahap Uji Hipotesis dan Pembuatan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan, iklim sekolah, kompetensi pedagogi berpengaruh terhadap kinerja akademik guru dengan disiplin kerja sebagai variabel mediasi pada guru TK Se Kota Tegal.
Copyrights © 2024