Journal of Education Research
Vol. 5 No. 3 (2024)

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Dribble Bola Basket

Rahman, Ali (Unknown)
Juniarisca, Dwi Lorry (Unknown)
Kartiko, Dwi Cahyo (Unknown)
Prakoso, Bayu Budi (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini mengetahui upaya dan seberapa besar pengaruh yang diperoleh siswa dari hasil belajar dribble bola basket dengan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT). Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan eksperimen murni, desain penelitian randomized control group pretest-pottest. Instrumen penelitian adalah tes pengetahuan dan keterampilan. Penentuan sampel menggunakan cluster random sampling mengambil 2 kelas yaitu kelas VIII-D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-E sebagai kelas kontrol. Dari hasil uji nonparametrik pada uji wilcoxon kedua kelompok sama-sama mengalami peningkatan. Dari hasil uji mann-whitney terdapat perbedaan hasil belajar tes pengetahuan dan keterampilan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada hasil uji N-gain dapat dilihat peningkatan pada kelas eksperimen baik tes pengetahuan atau keterampilan adalah 17.56% dan 17.48%. Sedangkan pada kelas kontrol peningkatan yang didapat pada tes pengetahuan diperoleh 7.52% dan keterampilan 5.95%. Disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) terhadap hasil belajar dribble bola basket.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...