Kesadaran diri adalah dimana individu dapat memahami diri sendiri dengan tepat, dan proses internalisasi informasi yang diterima, dan  pada akhirnya menjadi nilai yang diyakini serta tercermin dalam perilaku sehari-hari. Salah satu kegiatan yang dapat menumbuhkan rasa kesadaran diri pada anak yaitu practical life skill. Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan implementasi practical life dalam menumbuhkan rasa kesadaran diri pada anak. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif, lokasi penelitian di TK Dharma Wanita Tempuran, kecamatan Sawoo, Ponorogo, dengan subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas, dan anak kelompok A usia 1-4  tahun. Penelitian ini di lakukan selama kurang lebih 2 bulan. data yang diperoleh  melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu implementasi practical life skill dapat menumbuhkan rasa kesadaran diri pada anak. Anak dapat melakukan aktivitasnya secara mandiri, dsiplin, memahami peraturan, dan memiliki rasa percaya diri, dan mengendalikan perasaan diri sendiri.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024