Journal of Education Research
Vol. 5 No. 3 (2024)

Pengembangan Modul Ajar IPAS dengan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantu AI Canva pada Siswa Sekolah Dasar

Rahayu, Bangun Sri (Unknown)
Hartinah, Sitti (Unknown)
Suriswo, Suriswo (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2024

Abstract

Pendidikan di Indonesia menghadapi tantangan dalam meningkatkan kualitas dan relevansi dengan kebutuhan zaman. Konsep Merdeka Belajar, yang diimplementasikan melalui Kurikulum Merdeka, menekankan pada pengembangan modul ajar untuk meningkatkan keterampilan siswa. Penelitian ini mengembangkan modul ajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) berbasis Project Based Learning (PjBL) menggunakan AI Canva di Sekolah Dasar Negeri Kabupaten Pemalang. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep dan keterlibatan siswa. Validitas modul mencapai 100% dengan nilai Cronbach's Alpha 0,793. Siswa di kelas eksperimen menunjukkan peningkatan ketuntasan belajar dari 11,6% pada pre-test menjadi 85,71% pada post-test. Modul ajar berbantuan AI Canva dan PjBL terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...