Journal of Education Research
Vol. 5 No. 3 (2024)

Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, Beban Kerja, Kompetensi dan Religiusitas terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar

Wahyuni, Sri (Unknown)
Hartinah, Sitti (Unknown)
Prihatin, Yoga (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja guru, (2) motivasi   terhadap kinerja guru, (3) beban kerja terhadap kinerja guru, (4) kompetensi terhadap kinerja guru dan (5) religiusitas terhadap kinerja guru. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif yang merupakan penelitian dengan spesifikasi terencana, terstruktur, dan sistematis dari awal penelitian hingga akhir pembuatan desain penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Analisis dilakukan menggunakan model regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS versi 25. Regresi linier berganda adalah model persamaan yang menggambarkan hubungan suatu variabel dependen terhadap dua atau lebih variabel independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru (sig. 0.019 < 0.05). (2) Motivasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru (sig. 0.035< 0.05) menunjukkan hubungan motivasi dan kinerja guru signifikan secara statistik. Dengan kata lain, motivasi yang tinggi cenderung meningkatkan kinerja guru secara signifikan, (3) Beban kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru (sig. 0.670 > 0.05) menunjukkan tidak ada hubungan signifikan secara statistik antara beban kerja dan kinerja guru. (4) Kompetensi berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru (sig. 0.039 < 0.05) menunjukkan bahwa hubungan antara kompetensi dan kinerja guru adalah signifikan secara statistik, (5) Religiusitas tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru (sig. 0.638 > 0.05) mengindikasikan tidak ada hubungan signifikan secara statistik antara religiusitas dan kinerja guru dalam data yang dianalisis.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...