Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Vol 4 No 3 (2023): Jurnal Applied Science in Civil Engineering

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE STAD (Student Teams Achievement Division) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI (EBK)

Pratama, Wido (Unknown)
Jufri, Windry Novalia (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2023

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI DPIB di SMK Dhuafa Padang pada mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi tahun ajaran 2023/2024 dengan diberikan perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran tooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division). Jenis penelitian yang dilakukan peneliti dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan 2 siklus dimana subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI DPIB SMK Dhuafa Padang tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa 23 orang. Berdasarkan analisis data didapatkan peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi. Peneliti menyimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I dengan skor 52%,pada siklus II dengan 78%. Maka daripada itu siklus II persentase nilai rata-rata sudah tercapai. Untuk keaktifan juga mengalami peningkatan dimana pada siklus I skor 31% sedangkan siklus II naik 72% diliahat terjadi peningkatan 41%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ASCE

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education

Description

Jurnal Applied Science in Civil Engineering fokus mempublikasikan artikel pada bidang Pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil. Ruang lingkup jurnal ini adalah 1. Pengembangan proses pembelajaran Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 2. Studi kurikulum pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 3. ...