Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Vol 4 No 3 (2023): Jurnal Applied Science in Civil Engineering

KENDALA PENYELESAIAN SKRIPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Rahmaji, Lindung (Unknown)
Gusmareta, Yuwalitas (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2023

Abstract

Latar belakang permasalahan adalah data mahasiswa yang menyelesaikan skripsi pada setiap semesternya kurang dari 40%, sehingga rata-rata mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang tidak mampu menyelesaikan skripsi dalam 1 semester dan data tersebut akan berdampak pada akreditasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja dan seberapa besar kendala penyelesaian skripsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, untuk teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan bantuan google form. Sampel penelitian menggunakan total sampling dengan total 84 responden lulusan mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang angkatan 2017-2018. Hasil dari penelitian ditinjau dari 2 aspek didapatkan kendala internal dengan nilai persentase 61% dengan kriteria setuju dan kendala eksternal dengan nilai persentase 56% dengan kriteria kurang setuju. Kendala internal terbesar adalah kendala dalam manajemen waktu untuk Peraktek Lapangan Industri, Peraktek Lapangan Kependidikan, Kuliah Kerja Nyata, dan menulis skripsi dengan nilai persentase 74% dan Kendala eksternal terbesar adalah kendala mencari referensi terbaru yang sesuai dengan topik skripsi karena tidak tersedia di ruang baca Departemen Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang dengan nilai persentase 71%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ASCE

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education

Description

Jurnal Applied Science in Civil Engineering fokus mempublikasikan artikel pada bidang Pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil. Ruang lingkup jurnal ini adalah 1. Pengembangan proses pembelajaran Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 2. Studi kurikulum pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 3. ...