Journal of Education Research
Vol. 5 No. 4 (2024)

Peningkatan Kompetensi Pedagogik Mahasiswa PGSD melalui Peer Teaching pada Perencanaan Pembelajaran SD

Hasanuddin, M. Irfan (Unknown)
Nurharyanto, Dwi Widyastuti (Unknown)
Hasanuddin, M. Imran (Unknown)
Abdullah, Suhardi (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan pada mahasiswa semester IV Program Studi PGSD, Universitas Khairun. Sebanyak 30 mahasiswa melaksanakan peerteaching dalam matakuliah perencanaan pembelajaran SD. Tujuan dari penelitian adalah untuk melihat sejauh mana kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh mahasiswa PGSD sebagai calon guru di masa depan. Instrumen yang digunakan adalah rubrik penilaian praktik peerteaching yang terdiri dari 17 komponen. Penilaian dilakukan pada kegiatan perencanaan pembelajaran, perangkat yang digunakan, proses pembelajaran hingga evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian kompetensi pedagogik mahasiswa masih berada pada kategori kurang baik (berada pada skor 3). Dari 17 komponen yang dianalisis, seluruh komponen tersebut tidak ada yang mendapatkan rata-rata skor maksimal. Pada aspek-aspek mendasar seperti menyiapkan kelas, penyampaian materi dan pelaksanaan asesmen mendapatkan total penguasaan yang kurang dari 50% jumlah mahasiswa. Peningkatan kualitas kompetensi pedagogik mahasiswa perlu ditingkatkan melalui pelatihan rutin di dalam kampus maupun diluar kampus.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...