Universitas Negeri Padang (UNP) adalah perguruan tinggi yang berada di Kota Padang. UNP terus mengalami perkembangan yang mengakibatkan peminat UNP semakin meningkat, akan tetapi tidak diiringi dengan sarana dan prasarana di UNP. Hal ini menimbulkan masalah berupa potensi kemacetan dan radius putar kendaraan yang kurang layak khususnya pada persimpangan memasuki gerbang UNP di dekat Mesjid Al – Azhar dan pada gerbang UNP (Titik 1) di dekat Halte Trans Padang (Titik 2). Tujuan dalam penelitian ini adalah mengevaluasi kondisi eksisting pada gerbang UNP serta mencari solusi berupa melakukan penataan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis kondisi eksisting menggunakan pedoman Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) tahun 1997 dan radius putar kendaraan yang berpedoman pada nilai Centerline Turning Radius (CTR) yang disimulasikan dengan software Autoturn. Pada titik 1 nilai tingkat pelayanan persimpangan dan ruas adalah 9,362 (level B) dan 3,135 (level F). Untuk radius putar kendaraan setelah disimulasikan pada kendaraan bus ukuran besar tidak dapat langsung melakukan turning sehingga radius putar kendaraan pada persimpangan ini dapat dikategorikan tidak layak. Tingkat pelayanan persimpangan dan ruas pada titik 2 adalah sebesar 9,507 (level B) dan 3,135 (level F). Hasil simulasi radius putar kendaraan pada titik 2 juga menunjukkan radius putar kendaraan untuk kendaraan bus ukuran besar dikategorikan tidak layak. Berdasarkan hasil analisis eksisting maka dilakukan rencana penataan geometrik baru dengan solusi menggeser gerbang UNP ke arah kampus UNP sejauh 30 meter dan melakukan pelebaran jalan pada ruas yang berada berseberangan dengan taman di depan rektorat selebar 5 meter pada titik 1 dan 2.
Copyrights © 2023