Bahasa Indonesia adalah mata pelajaran yang diajarkan di sekolah dasar. Bahasa merupakan alat komunikasi yang penting dalam berinteraksi dengan orang di sekitar kita. Dengan Bahasa manusia dapat mengungkapkan perasaan atau ide pikirannya. Keterampilan berbahasa diperlukan dalam kehidupan sehari hari, Oleh sebab itu sudah sejak usia dini anak diperkenalkan pada pelajaran Bahasa Indonesia. Oleh karena itu, perlu kiranya memfasilitasi peserta didik dengan berbagai hal yang dapat meningkatkan pemahamannya terhadap setiap materi dalam menuangkan ide dalam tulisannya. Dalam penelitian ini, peneliti berharapkan dapat meningkatkan nilai akademik para siswa. Untuk mengukur tingkat efektivitas dari kegiatan ini, kami menggunakan uji normalitas gain dengan one group pre and post test design yang diaplikasikan pada bab himpunan di SD Negeri Wadas I, Karawang. Dapat disimpulkan bahwa pengaruh metode picture and picture sangat pengaruh keefektivan pemahaman para siswa terhadap materi pelajaran cukup signifikan, sehingga dapat membantu meningkatkan nilai akademik peserta didik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024