Penerapan Teknologi AI ChatGPT memiliki potensi sebagai asisten virtual yang dapat membantu mahasiswa dalam berbagai aspek pembelajaran dan aktivitas akademis. Namun, ketika mahasiswa baru mengenal teknologi ini, mereka sering mengalami kebingungan. Selain itu, ada risiko terlalu bergantung pada Teknologi AI ChatGPT yang dapat mengakibatkan penurunan motivasi belajar saat menggunakan teknologi ini untuk menyelesaikan tugas-tugas. Penelitian ini dilakukan untuk mengungkap persepsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan di Universitas Negeri Padang terkait penggunaan Teknologi Kecerdasan Buatan ChatGPT. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Responden penelitian terdiri dari 44 mahasiswa Program Studi PTB UNP. Data penelitian dikumpulkan melalui Google Form yang dibagikan kepada mahasiswa secara daring melalui aplikasi WhatsApp. Hasil analisis data dan pembahasan mengenai persepsi mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan UNP terhadap Teknologi AI ChatGPT menunjukkan bahwa persepsi mereka tergolong baik, dengan tingkat pencapaian sebesar 81,96%. Hasil analisis terhadap 6 sub indikator penelitian menunjukkan hasil yang baik, yaitu pengetahuan dasar (84,09%), kemampuan (82,27%), keterbatasan (77,50%), lingkungan belajar di kampus (82,36%), lingkungan kerja (82,09%), dan lingkungan kerja di bidang jasa konstruksi (83,64%). Dari keenam sub indikator penelitian tersebut, hasilnya menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap penggunaan Teknologi AI ChatGPT adalah baik.
Copyrights © 2023