Latar belakang penelitian ini menggungkapkan bahwa mahasiswa yang sedang melaksanakan PLK mengalami hambatan ketika diberikan tugas untuk membuat rancangan pembelajaran dan praktek mengajar langsung di studio gambar pada saat pelaksanaan PLK. Tujuan penelitian untuk mengukur pengaruh penguasaan Program Auto CAD terhadap kinerja mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan angkatan 2020 pada pelaksanaan PLK. Penelitian ini ialah studi deskriptif yang memanfaatkan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian melibatkan mahasiswa angkatan 2020 Program Studi PTB UNP yang sedang menjalani PLK sambil menggunakan program Auto CAD dalam pelaksanaan PLK. Data penelitian dikumpulkan melalui formulir Google yang dibagikan secara daring kepada mahasiswa melalui platform WhatsApp. Hasil analisis data dan diskusi mengenai dampak Penguasaan Program Auto CAD terhadap pelaksanaan Praktek Lapangan Kependidikan bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan menghasilkan beberapa kesimpulan, yaitu bahwa penguasaan program Auto CAD umumnya dinilai baik (85,3%). Selain itu, dalam konteks pelaksanaan PLK, umumnya dinilai dengan baik sebesar 82,3%. Temuan dari uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif dan signifikan antara penguasaan program Auto CAD dan pelaksanaan PLK oleh mahasiswa Program Studi PTB UNP. Fakta ini didukung oleh nilai signifikansi koefisien (2-tailed) sebesar 0,001 < α 0,05, serta nilai koefisien korelasi Pearson (rxy) sebesar 0,563, yang melebihi 0,301. Uji t dengan nilai t hitung sebesar 3.850, yang melebihi 1.681, juga mengindikasikan adanya pengaruh yang signifikan dari penguasaan program Auto CAD terhadap pelaksanaan PLK. Dari hasil koefisien determinasi, dapat disimpulkan bahwa penguasaan program Auto CAD memberikan kontribusi sebesar 31,69% terhadap pelaksanaan PLK. Oleh sebab itu, Ho ditolak dan Ha diterima.
Copyrights © 2023