Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Vol 4 No 4 (2023): Jurnal Applied Science in Civil Engineering

KONTRIBUSI KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR APLIKASI PERANGKAT LUNAK DAN PERANCANGAN INTERIOR GEDUNG(APLPIG) SISWA DPIB SMK NEGERI 1 TARUSAN

Tos, Salman (Unknown)
Andayono, Totoh (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada kontribusi literasi digital terhadap hasil belajar APLPIG Siswa DPIB SMK Negeri 1 Tarusan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Sampel dalam penelitian ini yaitu semua siswa Kelas XI dan XII DPIB SMK Negeri 1 Tarusan yang berjumlah 56 orang. Hasil analisis yang telah dilakukan dalam penelitian ini terdapat pengujian hipotesis yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara Kemampuan Literasi Digital terhadap hasil belajar APLPIG, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,640 dan taraf signifikan 0,000. Data uji normalitas yang diperoleh kedua variabel dalam penelitian ini berdistribusi normal dengan nilai signifikansi probabilitas variabel X sebesar 0,979 dan variabel Y sebesar 0,961. Artinya nilai signifikansi probabilitas ≥ 0,05. Untuk hasil uji linearitas kedua variabel mempunyai model linier dengan nilai signifikan (Deviasi Linier) sebesar 0,589 ≥ 0,05. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat kontribusi antara keterampilan literasi digital terhadap hasil belajar APLPIG siswa jurusan PIB kelas XI dan XII di SMK Negeri 1 Tarusan. Besarnya kontribusi yang dikumpulkan sebesar 40%. Artinya keterampilan literasi digital memberikan kontribusi yang kuat terhadap hasil belajar APLPIG siswa jurusan kelas PPI dan XII di SMK Negeri 1 Tarusan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ASCE

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education

Description

Jurnal Applied Science in Civil Engineering fokus mempublikasikan artikel pada bidang Pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil. Ruang lingkup jurnal ini adalah 1. Pengembangan proses pembelajaran Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 2. Studi kurikulum pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 3. ...