Masalah yang muncul pada Elemen Gambar Jalan dan Jembatan mencakup ketidaksesuaian penggunaan model pembelajaran yang diterapkan oleh guru dengan karakteristik Kurikulum Merdeka serta keterampilan siswa dalam menggambar jalan dan jembatan yang belum maksimal. Untuk mengatasi isu ini, diperlukan penerapan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan, disiplin, dan kerja sama antara peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap keterampilan siswa kelas XI DPIB SMK Negeri 1 Bukittinggi pada Elemen Gambar Jalan dan Jembatan (GJJ). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan populasi siswa kelas XI DPIB SMK Negeri 1 Bukittinggi tahun ajaran 2024/2025 yang terdiri dari 3 kelas. Pengujian instrumen dilakukan di kelas XI DPIB 2 dengan 29 responden dan penelitian dilaksanakan di kelas XI DPIB 1 dengan 28 responden. Data dikumpulkan melalui tes belajar (pretest dan posttest), aktivitas belajar, dan keterampilan peserta didik. Analisis data dilakukan dengan uji rata-rata dan uji hipotesis menggunakan uji t-test. Hasil uji menunjukkan koefisien Tvalue sebesar 0,001 yang lebih kecil dari 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Ini menunjukkan adanya pengaruh positif dari model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar dan keterampilan siswa kelas XI DPIB 1 SMK Negeri 1 Bukittinggi pada Elemen Gambar Jalan dan Jembatan (GJJ).
Copyrights © 2024