Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Vol 5 No 3 (2024): Jurnal Applied Science in Civil Engineering

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BIM MENGGUNAKAN ARCHICAD PADA KELAS XI DESAIN PEMODELAN INFORMASI BANGUNAN DI SMK NEGERI 1 LUBUK SIKAPING

Maulia, Ayeza Indah (Unknown)
Apdeni, Risma (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2024

Abstract

Ayeza Indah Maulia, 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas pembelajaran Building Information Modelling (BIM) menggunakan perangkat lunak ArchiCAD pada siswa Kelas XI Jurusan Desain Pemodelan Informasi Bangunan (DPIB) di SMK Negeri 1 Lubuk Sikaping. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif, dengan data yang dikumpulkan melalui kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan ArchiCAD dalam pembelajaran BIM memberikan dampak positif yang signifikan terhadap pemahaman siswa mengenai konsep BIM. Mayoritas siswa mengalami peningkatan dalam kemampuan mendesain dan memodelkan bangunan secara digital. Respon siswa terhadap penggunaan ArchiCAD juga sangat positif, dengan banyak yang merasa bahwa software ini mempermudah mereka dalam memahami materi. Kesimpulannya, pembelajaran BIM menggunakan ArchiCAD di Kelas XI DPIB di SMK Negeri 1 Lubuk Sikaping tergolong sangat efektif, dengan derajat pencapaian sebesar 83%, dan memberikan keterampilan yang berharga dalam desain bangunan digital.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ASCE

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education

Description

Jurnal Applied Science in Civil Engineering fokus mempublikasikan artikel pada bidang Pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil. Ruang lingkup jurnal ini adalah 1. Pengembangan proses pembelajaran Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 2. Studi kurikulum pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 3. ...