Ayeza Indah Maulia, 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas pembelajaran Building Information Modelling (BIM) menggunakan perangkat lunak ArchiCAD pada siswa Kelas XI Jurusan Desain Pemodelan Informasi Bangunan (DPIB) di SMK Negeri 1 Lubuk Sikaping. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif, dengan data yang dikumpulkan melalui kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan ArchiCAD dalam pembelajaran BIM memberikan dampak positif yang signifikan terhadap pemahaman siswa mengenai konsep BIM. Mayoritas siswa mengalami peningkatan dalam kemampuan mendesain dan memodelkan bangunan secara digital. Respon siswa terhadap penggunaan ArchiCAD juga sangat positif, dengan banyak yang merasa bahwa software ini mempermudah mereka dalam memahami materi. Kesimpulannya, pembelajaran BIM menggunakan ArchiCAD di Kelas XI DPIB di SMK Negeri 1 Lubuk Sikaping tergolong sangat efektif, dengan derajat pencapaian sebesar 83%, dan memberikan keterampilan yang berharga dalam desain bangunan digital.
Copyrights © 2024