Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class room action research). Dalam penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kelincahan pada siswa melalui permainan lari angkka delapan atau shuttle run di SMP Negeri 4 Pamekasan. Subjek pada penelitian ini adalah siswa siswi SMP Negeri 4 Pamekasan yang berjumlah 32 anak, yaitu 23 laki-laki dan 9 perempuan. Data dikumpulkan dengan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui permainan lari angka delapan atau Shuttle run dapat meningkatkan kelincahan siswa di SMP Negeri 4 Pamekasan. Hal ini dapat dibuktikan dari kelincahan anak yang mengalami peningkatan dari Siklus I dan telah melampaui target keberhasilan pada Siklus II. Hasil kelincahan anak pada Siklus I mencapai 19 % pada Siklus II melalui kegiatan pembelajaran menggunakan permainan lari bolak-balik kelincahan anak mencapai 84 % dapat melampaui target yang ditetapkan yaitu 75%. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa adanya peningkatan pada kelincahan peserta didik melalui permainan lari angka delapan.
Copyrights © 2024