Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian (SNHRP)
Vol. 6 (2024): Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian (SNHRP) Ke 6 Tahun 2024

ANALISIS SENTIMEN TERHADAP LAYANAN BEA CUKAI MELALUI MEDIA TWITTER MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES

Hendar Priana (Unknown)
Dede Abdurahman (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2024

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi yang pesat, terutama internet, telah meningkatkan jumlah platform media sosial dan penggunanya. Twitter, sebagai platform mikro- blog, memungkinkan pengguna untuk menulis "tweet" yang dapat diikuti oleh pengikut mereka atau dikirimkan ke pengguna lain. Platform ini sering digunakan untuk mengutarakan opini atau pendapat tentang topik atau berita yang populer. Baru-baru ini, berita terkait pelayanan bea cukai menarik perhatian publik, seperti denda untuk produk sepatu dari luar negeri dan pengiriman barang hibah. Cukai, yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2007, merupakan pungutan negara terhadap barang-barang tertentu dan menjadi salah satu sumber pendapatan negara. Namun, beberapa masyarakat merasa terbebani oleh cukai ini. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis sentimen mengenai layanan bea cukai yang banyak dibicarakan di media sosial, khususnya Twitter, dengan menggunakan algoritma Naive Bayes Classifier. Metode ini dipilih karena akurasi dan kemudahannya dalam mengklasifikasikan data teks. Data sebanyak 1479 tweet dengan kata kunci #Beacukai dikumpulkan untuk menganalisis respon masyarakat terhadap layanan bea cukai di Indonesia. Analisis sentimen ini akan mengukur persentase opini positif dan negatif dari masyarakat terhadap layanan tersebut. Keyword: Anlisis; sentiment; Naïve Bayes; Machine Learning

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

snhrp

Publisher

Subject

Other

Description

Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian (SNHRP) merupakan salah satu ajang mempertemukan para peneliti disemua bidang pada tingkat nasional. Tujuan diadakan kegiatan ini agar peneliti akan mampu mengembangkan jaringan sosial, bertukar pengetahuan dan membangun jaringan yang kuat antara komunitas ...