AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran digital sebagai alatevaluasi guna meningkatkan minat belajar siswa di Kelas V Sekolah Dasar, terutama melaluipenggunaan aplikasi Baamboozle. Metode yang diterapkan adalah deskriptif kualitatif, di manapeneliti menganalisis dan menjelaskan penerapan Baamboozle dalam konteks pembelajaran disekolah dasar. Penggunaan media pembelajaran ini mendorong guru untuk lebih kreatif daninovatif dalam menyampaikan materi di kelas. Salah satu pendekatan yang menarik dan efektifuntuk mengatasi kebosanan siswa adalah menggunakan media evaluasi pembelajaran berbasispermainan, seperti Baamboozle. Sebelum menggunakan Baamboozle, nilai rata-rata hasil belajarsiswa adalah 72,8. Setelah penerapan Baamboozle, nilai rata-rata tersebut meningkat menjadi93,2, menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam prestasi belajar siswa. Penggunaanmedia pembelajaran ini juga mempermudah siswa dalam menjawab pertanyaan, meningkatkanpemahaman mereka, serta memberikan motivasi untuk belajar lebih aktif.Kata kunci: Baamboozle; motivasi belajar; sekolah dasar
Copyrights © 2024