Pandemi COVID-19 telah memaksa sistem pendidikan di seluruh dunia untuk beradaptasi dengan pembelajaran jarak jauh. Teknologi konferensi video, seperti Zoom, telah muncul sebagai solusi potensial untuk tantangan ini, menawarkan peluang untuk meningkatkan akses dan kualitas pendidikan. Pengabdian kepada masyarakat ini mengevaluasi efektivitas penggunaan Zoom dalam konteks pendidikan, dengan fokus pada keterlibatan siswa, aksesibilitas, dan hasil pembelajaran. Melalui pendekatan mixed-methods yang menggabungkan survei online, studi kasus, dan eksperimen kuasi, pengabdian kepada masyarakat ini mengungkap bahwa Zoom secara signifikan dapat meningkatkan akses pendidikan dan memperkaya pengalaman pembelajaran. Namun, tantangan seperti keterbatasan akses internet dan kelelahan layar juga diidentifikasi. Temuan ini menyarankan bahwa dengan dukungan infrastruktur yang memadai dan strategi pengajaran yang efektif, Zoom dapat menjadi alat pembelajaran jarak jauh yang berharga. Rekomendasi untuk praktik pendidikan dan kebijakan pendidikan disajikan untuk memaksimalkan potensi teknologi ini.
Copyrights © 2021