CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif)
Vol. 7 No. 4 (2024): Volume 7 Number 4, July 2024

Nilai Karakter Islami dalam Metode Pembiasaan Pada Bulan Ramadhan untuk Anak Usia Dini

Nurdianti, Nurdianti (Unknown)
Aprianti, Ema (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2024

Abstract

Pada masa kanak-kanak merupakan masa awal pembentukan karakter. Anak memiliki potensi besar pada masa ini yang harus dikembangkan agar dapat tumbuh dengan sempurna. Mempunyai perilaku yang baik dan taat kepada Tuhan akan dapat bersikap baik pula kepada sesama, anggota keluarga dan anggota masyarakat merupakan sikap dasar yang harus dimiliki seorang anak. Oleh karena itu, nilai karakter islami pada Pendidikan Anak Usia Dini dilakukan oleh guru karena anak akan cenderung mendengarkan perintah gurunya, padahal peran orang tua lebih penting dalam pembiasaaan karakter islami anak dirumah. Maka dari itu, tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi nilai karakter dengan metode pembiasaan pada bulan suci Ramadhan pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini sebanyak lima orang dari TK Bina Ihsani Kecamatan Sindangkerta Kabupaten Bandung Barat. Adapun teknik pengumpulan data yaitu melalui wawancara, observasi, dokumentasi tidak lupa catatan lapangan dengan analisis deskriptif. Analisis penelitian ini menggunakan reduksi, display data, dan simpulan. Hasil dari berhasil, hasil penelitian menunjukan bahwa nilai karakter islami pada anak yang ditanamkan di sekolah selama Bulan Suci Ramadhan yaitu mengenalkan puasa Ramdahan kepada anak-anak, membiasakan mengikuti gerakan tata cara shalat serta do’a atau bacaan tarawih bersama-sama, serta mengajarkan arti dari puasa itu sendiri.   Childhood is the initial period of character formation. Children have great potential at this time, which must be developed to grow perfectly. Having good behavior and being obedient to God will also allow you to be kind to others, family members, and community members, which is a basic attitude that a child must have. Therefore, the value of Islamic character in early childhood education is carried out by teachers because children tend to listen to their teacher's orders, even though the role of parents is more important in accustoming children to Islamic character at home. Therefore, this research aims to determine the implementation of character values using the habituation method in early childhood during the holy month of Ramadan. This research uses a qualitative descriptive research method. The subjects of this research were five people from Bina Ihsani Kindergarten, Sindangkerta District, West Bandung Regency. The data collection techniques are interviews, observation, documentation, and not forgetting field notes with descriptive analysis. This research analysis uses reduction, data display, and conclusions. As a result of this success, the research results show that Islamic character values in children are instilled in schools during the Holy Month of Ramadhan, namely introducing children to the Ramdahan fast, getting used to following prayer movements and prayers or reciting tarawih together, and teaching the meaning of fasting itself.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ceria

Publisher

Subject

Education

Description

Ceria Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and Preschool Education study program of IKIP Siliwangi on current science issues, namely: -Teacher of Early Childhood Education Programs. -Observers and Researchers of Early Childhood Education Programs. -Educational ...