Penelitian ini berdasarkan pemikiran tentang pentingnya mengembangkan sikap demokrasi dalam proses pembelajaran mata kuliah kurikulum wajib. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pola pengembangan sikap demokrasi dosen dan mahasiswa pada mata kuliah kurikulum wajib di lingkungan Program Studi IKIP PGRI Pontianak. Penelitian ini difokuskan pada penggalian data tentang pola pengembangan sikap demokrasi dalam interaksi dosen dan mahasiswa dalam proses perkuliahan mata kuliah kurikulum wajib. Adapun metode yang dipakai yakni, metode kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data, komunikasi tidak langsung dan komunikasi langsung, dengan alat pengumpul data lembar angket dan panduan wawancara. Hasil penelitian menujukkan bahwa, pola pengembangan sikap demokrasi dalam interaksi dosen dan mahasiswa dalam proses pembelajaran adalah dengan pola Sharing, dikarena pola ini dianggap mumpuni untuk menciptakan pembelajaran aktif dan efektif yang saling menghargai, sopan santun, saling menghormati, terbuka dan tenggang rasa, serta sikap mandiri bagi mahasiswa semester awal, yang masih rendah rasa percaya diri dalam mengemukakan pendapat maupun tanggapan.
Copyrights © 2023