InEJ: Indonesian Engagement Journal
Vol. 4 No. 2 (2023)

MELEK BACA: OPTIMALISASI PERPUSTAKAAN DESA SEBAGAI RUMAH LITERASI BERBASIS P&E BAGI MASYARAKAT DESA GLINGGANG

Setiadi, Nanang Febri (Unknown)
Fadly, Wirawan (Unknown)
Sidiq, Umar (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2023

Abstract

Perpustakaan sebagai pusat informasi yang memiliki peran untuk memberikan layanan informasi bagi penggunanya. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa banyak masyarakat yang sudah kehilangan minat baca sehingga perpustakaan yang ada kurang diminati. Tujuan kegiatan penelitian pengabdian masyarakat ini yaitu: 1) memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang pentingnya literasi dalam menumbuhkan minat baca masyarakat desa Glinggang khususnya siswa-siswi Sekolah dasar; 2) melakukan pendampingan pemanfaatan website dan aplikasi ipusnas terhadap masyarakat desa Glinggang sebagai media untuk mencari sebuah informasi secara digital. Metode yang digunakan dalam penelitian pengabdian masyarakat ini adalah metode ABCD (Aset Based Community Driven) dengan 6 tahapan meliputi discovery, dream, design, define, destiny dan reflection. Pelaksanaan kegiatan penelitian pengabdian masyarakatsudah sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat. Hasil refleksi menunjukkan bahwa secara umum masyarakat desa Glinggang khususnya siswa-siswi sekolah dasar memberikan umpan balik yang sangat baik terhadap terlaksananya kegiatan program pengabdian msyarakat. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini harapanĀ  dan mimpi masyarakat agar lebih sering dalam melakukan literasi dengan memanfaatkan aplikasi secara digital.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

inej

Publisher

Subject

Religion Humanities Environmental Science Social Sciences

Description

InEJ: Indonesian Engagement Journal is a biannual journal that published in June and December by the Institute for Research and Community Services of State Institute for Islamic Studies (IAIN) Ponorogo. The journal is focus on the result of community services and activities by empowering the society ...