Pendidikan mengalami perubahan yang signifikan akibat perkembangan teknologi, terutama selama pandemi COVID-19 yang memicu peningkatan penggunaan teknologi dalam pembelajaran online. Salah satu inovasi yang menarik perhatian adalah teknologi Blockchain, yang menawarkan alternatif dalam pengelolaan informasi dengan desentralisasi data. Namun, penerapan teknologi Blockchain dalam pendidikan masih terbatas, baik karena kurangnya pemahaman akan manfaatnya maupun karena fokus utama teknologi ini pada bidang keuangan dan kontrak. Meskipun demikian, beberapa lembaga pendidikan telah mulai memanfaatkan aplikasi Blockchain untuk verifikasi dan berbagi sertifikat akademik. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pemilihan platform tertbaik pada teknologi Blockchain dalam pendidikan dengan menggunakan Metode Multi-Kriteria Fuzzy System untuk mengukur efektivitasnya. Langkah-langkah metodologi melibatkan identifikasi dan tinjauan platform Blockchain yang tersedia, serta penggunaan Fuzzy Multi-Criteria Decision Analysis untuk memilih platform yang paling sesuai dalam pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa platform Blockchain Quorum merupakan pilihan terbaik untuk pendidikan, dengan nilai Fuzzy MCDA tertinggi. Pada penggunaan metode Fuzzy MCDA memberikan landasan yang kuat dalam menentukan platform Blockchain terbaik untuk pendidikan. Penelitian ini menyoroti pentingnya eksplorasi teknologi Blockchain dalam meningkatkan efisiensi dan keamanan proses pendidikan, serta menawarkan wawasan yang berharga bagi pemangku kepentingan di bidang pendidikan dan teknologi.
Copyrights © 2024