Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan dan efektivitas penggunaan media pembelajaran administrasi pajak berbasis articulate storyline terhadap Hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi SMKN I Kemlagi. Pada penelitian sebelumnya media pembelajaran administrasi pajak berbasis articulate storyline ini digunakan untuk memberikan kemudahan proses pembelajaran siswa pada kompetesi PPh pasal 21. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian true eksperiment menggunakan pretest – postes control group desain. Penelitian ini dilakukan pada dua kelompok kelas yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan jumlah sampel sebanyak 62 siswa. Hasil uji independent sampel t-tes digunakan untuk melihat adanya perbedaan hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, uji ini dilakukan dengan menggunakan data hasil posttest kedua kelas responden, dengan perolehan nilai thitung 16,483 ttabel 1,671 dengan signifikasi 0,000 < 0,05 sehingga keputusan yang dapat diambil adalah H0 ditolak dan Ha diterima atau berbeda signifikan. Untuk mengetahui efektivitas peggunaan media pembelajaran articulate storyline ini menggunakan uji Ngain, dimana diperoleh nilai Ngain 0,75 untuk kelas eksperimen dengan perolehan kriteria tinggi dan 0,24 untuk kelas kontrol yang memiliki kriteria rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen selama menggunakan media pembelajaran administrasi pajak berbasis articulate storyline, dengan perolehan nilai signifikasi 0,00 < 0,05 dan kelas kontrol yang masih menggunakan media buku ajar dalam proses pembelajarannya. Serta media pembelajaran administrasi pajak berbasis articulate storyline ini dinyatakan efektif digunakan terhadap hasil belajar siswa
Copyrights © 2023