Perkembangan teknologi informasi mempermudah dalam menghasilkan media pembelajaran interaktif yang praktis, menarik dan lebih bervariatif, terlebih untuk membantu pembelajaran yang bersifat praktikum dan prosedural. Untuk itu pada penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran interaktif dengan software Construct 3 pada mata pelajaran praktikum MYOB accounting. Tujuan lain untuk menganalisis kelayakan dan respon peserta didik terhadap hasil media yang dikembangkan. Penelitian Research and Development (R&D) ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation, dengan hasil luaran media berformat APK yang dapat diinstal pada smartphone android. Hasil penelitian merujuk pada pengembangan media dinyatakan sangat layak dengan presentase uji materi oleh Guru SMK Negeri 1 Kemlagi dan Dosen Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Surabaya sejumlah 93,75%, sedangkan untuk uji media oleh Dosen Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya sebesar 95%. Adapun respon peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Kemlagi terhadap media yang dikembangkan mendapat rata-rata 93,87% dengan kriteria sangat baik untuk digunakan pada mata pelajaran praktikum MYOB accounting.
Copyrights © 2023