Edunomia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi
Vol. 4 No. 1 (2023): November

PENGARUH ASESMEN FORMATIF, PERAN GURU, DAN P5 DALAM KURIKULUM MERDEKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA AKL

Putri, Cindy Ayuna (Unknown)
AR, Amirul (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2023

Abstract

Kurikulum di Indonesia mengalami banyak perkembangan seiring dengan berkembangnya kondisi Negara, dan yang terbaru adalah Kurikulum Merdeka. Perubahan kurikulum yang dilakukan dalam kurun waktu yang singkat tentu akan memberikan dampak pada implementasinya di sekolah. Menurut Kepala BSKAP, terjadi miskonsepsi dari pihak pelaksana yakni guru terkait dengan implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah dengan kondisi ideal yang ditetapkan oleh standar kurikulum, sedangkan di dalam kurikulum merdeka, guru berperan sebagai penggerak dan memegang kunci penting dalam implementasinya. Miskonsepsi pada kalangan guru turut mempengaruhi pelaksanaan dari asesmen formatif dan kegiatan P5 yang merupakan bagian penting dari kurikulum merdeka itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh asesmen formatif, peran guru, dan P5 terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif-casual research dengan sampel penelitian sebanyak 108 responden yang merupakan siswa kelas X AKL SMKN 1 Kemlagi. Berdasarkan pengujian secara simultan dan parsial ditemukan adanya pengaruh secara signifikan antara asesmen formatif, peran guru, dan P5 terhadap hasil belajar siswa

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edunomia

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

EDUNOMIA is a journal of economic education of FKIP of Universitas Muhammadiyah Metro. This journal published two times a year every May and November, to accommodate the results of research, articles and scientific papers, to the entire course of economic education in ...