Edunomia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi
Vol. 4 No. 1 (2023): November

PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL SEBAGAI VARIABEL MEDIASI MAHASISWA

Zakaria, Achmad Rayhan (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2023

Abstract

Kemampuan literasi digital sangat penting dan berpengaruh bagi para pelajar maupun mahasiswa khususnya di era digital. Untuk melatih kemampuan diperlukan juga kecerdasan emosional yang mumpuni untuk mengontrol emosi dan tingkah laku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh literasi digital dan disiplin belajar terhadap hasil belajar praktikum akuntansi sektor publik mahasiswa pendidikan akuntansi unesa dengan kecerdasan emosional sebagai variabel mediasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis SEM. Populasi dari penelitian ini merupakan mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi 2019 sebanyak 133 mahasiswa, dengan sampel jenuh yang menggunakan seluruh populasi. Data yang digunakan adalah data primer serta data sekunder. Hasil uji pengaruh tidak langsung yang dilakukan adalah literasi digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar melalui kecerdasan emosional dengan coefficient path sebesar 0.144 dan p-value 0.006

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edunomia

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

EDUNOMIA is a journal of economic education of FKIP of Universitas Muhammadiyah Metro. This journal published two times a year every May and November, to accommodate the results of research, articles and scientific papers, to the entire course of economic education in ...