Tuntutan era digitalisasi yang pesat mengharuskan setiap kalangan untuk mampu beradaptasi dan terus meningkatkan daya saing dengan teknologi digital. Utamanya dalam dunia pendidikan, di era digitalisasi semua hal dapat diakses dengan mudah, dunia digital memberikan perubahan era belajar yang dapat dilakukan dengan jangkauan yang lebih luas. Siswa dapat dengan mudah mengakses tugas dan pembelajaran dengan mengaksesnya di internet. Namun berbeda kasus jika dalam ruang lingkup pondok pesantren yang notabenenya tidak memperbolehkan para santrinya untuk membawa hp/ganget. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mencermati kasus yang terjadi di lapangan mengenai permasalah tersebut, dan juga ikut serta dalam berpartisipasi dalam studi kasus yang terjadi di lingkungan pondok pesantren. Desain penelitian menggunakan pendekatan penelitian deskriptif studi kasus dimana peneliti akan turun lansung ke lapangan untuk mengamati dan meneliti bagaimana kasus yang terjadi di lapangan. Instrumen utama dalam penelitian ini yaitu guru dan siswa. Temuan utama yang diperoleh oleh peneliti yaitu bagaimana penggunakan media canva dalam pembelajaran membuat poster masih belum maksimal dan mengalami beberapa kendala. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dala penggunaan media canva pada pembelajaran pembuatan siswa mengalami peningkatan bukan hanya dalam pembuatan poster secara tulisan saja namun lebih pada bagaimana desain dan kualitas poster yang dihasilkan sudah meningkat 80%.
Copyrights © 2023