Tujuan penelitian ini (1) mendeskripsikan analisis kebutuhan pengembangan media Unyil (Unit Menyimak Literasi) berbasis proyek bermuatan kreatif untuk pembelajaran menulis teks anekdot bagi siswa kelas X di SMA/MA Kabupaten Kudus dan (2) mendeskripsikan prototype media pembelajaran Unyil berbasis proyek bermuatan kreatif untuk pembelajaran menulis teks anekdot di SMA/MA kelas X sebelum melakukan pengembangan pada tahapan uji produk. Metode penelitian ini yakni deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, penyebaran angket kebutuhan pengembangan, dan dokumentasi. Angket (kuesioner) disebarkan kepada 107 siswa, kemudian wawancara dilakukan kepada perwakilan siswa dan guru bahasa Indonesia di SMA N 1 Mejobo, MA NU Assalam, dan MA Daarusy Syifa. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran Unyil berbasis proyek bermuatan kreatif diperlukan dalam proses pembelajaran menulis teks anekdot. Media pembelajaran menulis teks anekdot dengan pemanfaatan media Unyil (Unit Menyimak Literasi) berbasis proyek dan bermuatan kreatif diharapkan dapat membuat peserta didik semakin interaktif, kreatif, dan mampu menuangkan idea tau gagasan dalam menulis teks anekdot yang kekinian dan dapat bermanfaat. Selain itu, prototype media Unyil yang dikembangkan memuat pembahasan dengan adanya video animasi, gambar, teks, kuis, dan motivasi yang menarik dan menyenangkan agar peserta didik mampu menghasilkan proyek yang diinginkan dengan baik dan sukses.
Copyrights © 2023