Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
2023: SPECIAL EDITION: LALONGET IV

Kebutuhan Pengembangan Media Unyil Berbasis Proyek Bermuatan Kreatif untuk Pembelajaran Menulis Teks Anekdot Jenjang SMA/MA

Putri, Novi Auliana (Unknown)
Haryadi, Haryadi (Unknown)
Baehaqie, Imam (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini (1) mendeskripsikan analisis kebutuhan pengembangan media Unyil (Unit Menyimak Literasi) berbasis proyek bermuatan kreatif untuk pembelajaran menulis teks anekdot bagi siswa kelas X di SMA/MA Kabupaten Kudus dan (2) mendeskripsikan prototype media pembelajaran Unyil berbasis proyek bermuatan kreatif untuk pembelajaran menulis teks anekdot di SMA/MA kelas X sebelum melakukan pengembangan pada tahapan uji produk. Metode penelitian ini yakni deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, penyebaran angket kebutuhan pengembangan, dan dokumentasi. Angket (kuesioner) disebarkan kepada 107 siswa, kemudian wawancara dilakukan kepada perwakilan siswa dan guru bahasa Indonesia di SMA N 1 Mejobo, MA NU Assalam, dan MA Daarusy Syifa. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran Unyil berbasis proyek bermuatan kreatif diperlukan dalam proses pembelajaran menulis teks anekdot. Media pembelajaran menulis teks anekdot dengan pemanfaatan media Unyil (Unit Menyimak Literasi) berbasis proyek dan bermuatan kreatif diharapkan dapat membuat peserta didik semakin interaktif, kreatif, dan mampu menuangkan idea tau gagasan dalam menulis teks anekdot yang kekinian dan dapat bermanfaat. Selain itu, prototype media Unyil yang dikembangkan memuat pembahasan dengan adanya video animasi, gambar, teks, kuis, dan motivasi yang menarik dan menyenangkan agar peserta didik mampu menghasilkan proyek yang diinginkan dengan baik dan sukses.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ghancaran

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ini menerima kontribusi dalam bidang linguistik, sastra dan pengajaran dari berbagai perspektif, misalnya: pengajaran dan pembelajaran bahasa pertama, kedua, dan asing; bahasa dan sastra dalam pendidikan; perencanaan bahasa, pengujian bahasa; desain dan pengembangan kurikulum; multibahasa dan ...