Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) yang mengalami perkembangan pesat dalam era digital. Namun, terdapat keterbatasan pengembangan bahan ajar terintegrasi teknologi ajar untuk melatih keterampilan berbicara BIPA tingkat pemula di Yogyakarta. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan kebutuhan pembelajar BIPA tingkat pemula di Yogyakarta dalam melatih keterampilan berbicara melalui penggunaan bahan ajar terintegrasi teknologi. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif. Data penelitian yang digunakan adalah hasil dari wawancara mendalam kepada pengajar BIPA dan penyebaran angket terhadap pembelajar asing di Yogyakarta. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pembelajar BIPA memiliki kebutuhan beragam materi pembelajaran, konsep, dan integrasi teknologi dan informasi pada materi pengajaran dengan memerhatikan: 1) e-book digital interaktif yang dapat membantu pembelajar untuk melatih keterampilan berbicara, 2) Pemilihan topik pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan pembelajar, 3) penggunaan bahan ajar secara mandiri, 4) materi yang dapat mengakomodasi tantangan, gambaran nyata kehidupan sehari-hari, dan variasi multimedia, 5) Beragam topik pembelajaran yang dapat merangsang kognivitas pembelajar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023