Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 4, No 2 (2024)

PENDAMPINGAN GERAKAN LITERASI MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR 6 DI SEKOLAH 3T

Kuspiyah, Hastuti Retno (Unknown)
Akhodiyah, Sulastin (Unknown)
Agatha, Maybelline (Unknown)
Ayuningtyas, Dzela Kartika (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2024

Abstract

Abstrak: Kampus mengajar merupakan bagian dari kebijakan mbkm yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar diluar kelas sambil mengabdikan diri demi kemajuan pendidikan indonesia. Program ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi di satuan pendidikan dasar khusunya bagi sekolah yang tergolong 3T (terluar, terdepan, tertinggal) dengan cara inovatif, kreatif, dan menyenangkan. Kegiatan ini merupakan pengabdian sekolah yang dilakukan di tiga sekolah penempatan masing-masing yaitu SD riang bandung, SD Negeri 01 Pandan Agung dan SMP YPI Batumarta 2. Metode yang digunakan adalah metode langkah demi langkah, yaitu tahap perencanaan operasional, tahap pelaksanaan operasional, serta tahap perbaikan dan pemantauan. Program ini melaksanakan tiga fungsi yaitu membantu peningkatan literasi dan numerasi, mengadaptasi teknologi dan membantu dalam manajemen sekolah. Hasil analisis diharapkan dapat tercapi dan berhasil. Kata kunci: Kampus mengajar, Literasi, pojok baca

Copyrights © 2024