Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dan komitmen kerja guru terhadap Professional Learning Community (PLC) guru SMA Swasta di Kota Padang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuisioner kepada 24 sekolah swasta yang ada di Kota Padang dengan jumlah sempel sebanyak 243 guru berdasarkan perhitungan pada metode Proposional Cluster Sampling. Analisis dalam penelitian menggunakan uji analisis regresi linear sederhana (Uji T), uji analisis regresi berganda (Uji F) dan uji koefisien determinasi dengan bantuan SPSS 26. Berdasarkan hasil analisis data dengan mengunakan Uji T, variabel kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah (X1) memperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 16.70 > 1.651 yang artinya terdapat pengaruh terhadap Professional Learning Community (Y). Kemudian untuk variabel komitmen kerja guru (X2) terhadap Professional Learning Community (Y) memperoleh thitung > ttabel yaitu 15.51 > 1.651 yang artinya terdapat pengaruh terhadap Professional Learning Community (Y). Sedangkan untuk uji F diperoleh nilai fhitung > ftabel yaitu 22.392 > 3.033 yang artinya secara simultan kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah (X1) dan komitmen kerja guru (X2) memiliki pengaruh terhadap Professional Learning Community (Y) Guru SMA Swasta di Kota Padang. Selain itu, berdasarkan koefisien determinasi kontribusi kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dan komitmen kerja guru terhadap Professional Learning Community memiliki keterpengaruhan yang lemah yakni sebesar 15,7%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024