WAHANA LITERASI: Journal of Language, Literature, and Linguistics
Vol 3, No 2 (2023): WAHANA LITERASI: Journal of Language, Literature, and Linguistics

KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN

Paranggai, Ruhama Zaman (Unknown)
Azis, Azis (Unknown)
Dalle, Ambo (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1)Mendeskripsikan hasil belajar keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Rantetayo Kabupaten Tana Toraja melalui penerapan model Konvensional,(2) Mendeskripsikan hasil belajar keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tantetayo Kabupaten Tana Toraja melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair  Share (TPS),(3)Membuktikan keefektifan model pembelajaran keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Rantetayo Kabupaten Tana Toraja.   Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif yang berbentuk eksperimen dengan melibatkan dua kelompok yang terdiri dari satu kelas sebagai kelompok eksprimen dan satu kelas sebagai kelompok kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluru siswa kelas IX SMPN 4. Penarikan Smpel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random dengan jumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan penugasan menjawab pertanyaan pada pretess dan post test. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan bantuan SPSS Version 25. Hasil analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa TPS lebih efektif daripada konvensional terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Rantetayo. Terbukti dari hasil uji t Independent Samppel T-test diperoleh thitung >ttabel (th 3,631>tt 2,074) dengan taraf signifikan (2 sisi) 5% : 2 = -0,25. Sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Selain ini dapat dibuktikan dengan perbedaan nilai rata-rata kelas VII B adalah 70,68 dan kelas VIII A adalah 78,82. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Think Pair Shareefektif terhadap pembelajaran keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Rantetayo Kabupaten Tana Toraja.Penelitian ini bertujuan untuk (1)Mendeskripsikan hasil belajar keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Rantetayo Kabupaten Tana Toraja melalui penerapan model Konvensional,(2) Mendeskripsikan hasil belajar keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tantetayo Kabupaten Tana Toraja melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair  Share (TPS),(3)Membuktikan keefektifan model pembelajaran keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Rantetayo Kabupaten Tana Toraja.   Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif yang berbentuk eksperimen dengan melibatkan dua kelompok yang terdiri dari satu kelas sebagai kelompok eksprimen dan satu kelas sebagai kelompok kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluru siswa kelas IX SMPN 4. Penarikan Smpel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random dengan jumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan penugasan menjawab pertanyaan pada pretess dan post test. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan bantuan SPSS Version 25. Hasil analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa TPS lebih efektif daripada konvensional terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Rantetayo. Terbukti dari hasil uji t Independent Samppel T-test diperoleh thitung >ttabel (th 3,631>tt 2,074) dengan taraf signifikan (2 sisi) 5% : 2 = -0,25. Sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Selain ini dapat dibuktikan dengan perbedaan nilai rata-rata kelas VII B adalah 70,68 dan kelas VIII A adalah 78,82. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share efektif terhadap pembelajaran keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Rantetayo Kabupaten Tana Toraja.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

wahanaliterasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Wahana Literasi: Journal of Language, Literature, and Linguistics publishes manuscripts on research in language teaching, literature, and linguistics. This journal features research novelties and significance for scientific advancement in one of the fields of the published manuscripts. This journal ...