Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran probing prompting yang digunakan dalam meningkatan keterampilan menulis teks observasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Galesong Selatan, (2) mendeskripsikan peningkatan hasil pembelajaran menulis teks observasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Galesong Selatan dengan menggunakan model pembelajaran probing prompting. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, angket, dokumentasi, dan tugas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 7 langkah dalam penerapan model pembelajaran probing prompting. Peningkatan hasil pembelajaran dapat dilihat berdasarkan nilai rata-rata menulis teks observasi dari siklus I sampai siklus III. Hasil pengerjaan tugas siswa pada siklus I mendapatkan nilai rata-rata sebesar 26,75 dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 60,68, sehingga peningkatannya sebesar 33,93%, sedangkan pada siklus II sebesar 60,68 mengalami peningkatan pada siklus III sebesar 85,17, sehingga peningkatannya sebesar 24,48%. Kata Kunci: model pembelajaran probing prompting, keterampilan menulis, teks observasi.
Copyrights © 2024