WAHANA LITERASI: Journal of Language, Literature, and Linguistics
Vol 4, No 1 (2024): WAHANA LITERASI: Journal of Language, Literature, and Linguistics

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS OBSERVASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 GALESONG SELATAN

Nurafika, Dian (Unknown)
Saleh, Muhammad (Unknown)
Haliq, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2024

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran probing prompting yang digunakan dalam meningkatan keterampilan menulis teks observasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Galesong Selatan, (2) mendeskripsikan peningkatan hasil pembelajaran menulis teks observasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Galesong Selatan dengan menggunakan model pembelajaran probing prompting. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, angket, dokumentasi, dan tugas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 7 langkah dalam penerapan model pembelajaran probing prompting. Peningkatan hasil pembelajaran dapat dilihat berdasarkan nilai rata-rata menulis teks observasi dari siklus I sampai siklus III. Hasil pengerjaan tugas siswa pada siklus I mendapatkan nilai rata-rata sebesar 26,75 dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 60,68, sehingga peningkatannya sebesar 33,93%, sedangkan pada siklus II sebesar 60,68 mengalami peningkatan pada siklus III sebesar 85,17, sehingga peningkatannya sebesar 24,48%. Kata Kunci: model pembelajaran probing prompting, keterampilan menulis, teks observasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

wahanaliterasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Wahana Literasi: Journal of Language, Literature, and Linguistics publishes manuscripts on research in language teaching, literature, and linguistics. This journal features research novelties and significance for scientific advancement in one of the fields of the published manuscripts. This journal ...