WAHANA LITERASI: Journal of Language, Literature, and Linguistics
Vol 3, No 2 (2023): WAHANA LITERASI: Journal of Language, Literature, and Linguistics

REPRESENTASI KEKERASAN SIMBOLIK KOMUNIKASI GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN

Rahman, Abd (Unknown)
Jufri, Jufri (Unknown)
Idawati, Idawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kekerasan simbolik komunikasi guru kepada siswa melalui eufemisasi dan sensorisasi yang terjadi selama proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data bersumber dari komunikasi guru selama proses pembelajaran di SMA Negeri 1 Majene. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengamatan, penyadapan/perekaman, dan pencatatan. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori analisis wacana kritis Pierre Bourdieu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekerasan siimbolik terwujud melalui mekanisme eufemisasi dan sensorisasi. Bentuk eufemisasi berupa (1) perintah, (2) larangan, (3) kepercayaan, (4) kebaikan/kemurahatian, (5) pemberian bonus, (6) kegunaan, (7) pencitraan, (8) penegasan, (9) keharusan/kewajiban, dan (10) pemberian izin. Sementara bentuk sensorisasi komunikasi guru berupa (1) ancaman, (2) pemarginalan, (3) kekecewaan, (4) penghargaan, dan (5) religius.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

wahanaliterasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Wahana Literasi: Journal of Language, Literature, and Linguistics publishes manuscripts on research in language teaching, literature, and linguistics. This journal features research novelties and significance for scientific advancement in one of the fields of the published manuscripts. This journal ...