Jurnal Profesi Kependidikan
Vol 4, No 2 OKT (2023)

Meningkatkan Kemampuan Menyimak dan Berbicara Melalui Metode Dialog Reading pada Anak

S., Athira (Unknown)
Syamsuardi, Syamsuardi (Unknown)
Jenny, Jenny (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode dialog reading dapat meningkatkan kemampuan anak dalam menyimak dan berbicara. Subjek penelitiannya merupakan peserta didik kelompok B TK Pertiwi Anak Rating Sapanang kec. Bungoro Kab. Pangkep yang berjumlah 10 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan metode dokumentasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa, metode dialog reading dapat meningkatkan kemampuan anak dalam menyimak dan berbicara terbukti dari, meningkatnya hasil persentase ditiap siklus yang digunakan, jadi dapat disimpulkan bahwa metode dialog reading dapat mengembangkan keterampilan anak usia 5-6 tahun dalam menyimak dan berbicara.Kata kunci: Dialog reading, Menyimak dan Berbicara

Copyrights © 2023