Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode permainan kartu huruf dapat meningkatkan hasil belajar mengenal huruf peserta didik kelompok B TK Negeri Dharma Wanita Simpo. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelompok B TK Negeri Dharma Wanita Simpo pada semester genap 2020/2021 yang berjumlah 10 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa panduan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan mengenal huruf dapat ditingkatkan melalui permainan kartu huruf. Anak-anak diajak bermain kartu huruf, menyebutkan huruf yang ada pada kartu. Kemampuan mengenal huruf pada Siklus I persentase rata-rata meningkat menjadi 60%, dan persentase rata-rata pada Siklus II meningkat hingga 90%. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode permainan kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf di kelompok B TK Negeri Dharma Wanita Simpo.Kata Kunci: Metode permainan kartu huruf, dan hasil belajar mengenal huruf
Copyrights © 2023