el-Buhuth: Borneo Journal of Islamic Studies
el Buhuth: Borneo Journal of Islamic Studies, 6(1), 2023

Dampak Penggunaan Handphone Terhadap Perilaku Sosial Peserta didik Di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta

Nasywa, Rifany (Unknown)
Istanto, Istanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Abstract This research is motivated by the policy of SMP Muhammadiyah 7 Surakarta, which obliges the use of mobile phones by students to support communication and learning in school. However, this policy has given rise to risks and challenges due to the excessive use of mobile phones by students at their adolescent age, particularly impacting their social behavior. The aim of this study is to investigate the impacts arising from the use of mobile phones on the social behavior of students at SMP Muhammadiyah 7 Surakarta. The research employs a descriptive qualitative approach, considered suitable for uncovering issues related to mobile phone usage and its impact on the social behavior of students. Data collection techniques in this research involve interviews, observations, and documentation. The data is then analyzed through four stages: data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the study indicate that mobile phone usage can diminish the quality of students' social interactions, leading to indifference and unresponsiveness to their environment, causing emotional instability that makes them prone to aggressive behavior, fostering cheating behavior during examinations, and giving rise to cases of cyberbullying. Overall, this research emphasizes the importance of prudent management regarding mobile phone usage among students to mitigate the negative impacts that arise in shaping positive social behavior in the current digital era. Keywords: Adolescent Students, Mobile Phone usage, Social Behavior Abstrak Penelitian ini dilatar belakangi oleh kebijakan SMP Muhammadiyah 7 Surakarta yang mengharuskan penggunaan Handphone oleh peserta didik dalam menunjang komunikasi dan pembelajaran di sekolah. Namun, dari kebijakan tersebut menimbulkan resiko dan tantangan akibat penggunaan handphone yang berlebihan oleh peserta didik di usia mereka yang masih remaja khususnya pada perilaku sosial mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki dampak yang ditimbulkan akibat penggunaan handphone terhadap perilaku sosial peserta didik di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang dianggap cocok untuk mengungkap masalah penggunaan Handphone dan dampaknya terhadap perilaku sosial peserta didik. Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data kemudian di analisis melalui empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Handphone dapat menurunkan kualitas interaksi sosial peserta didik yang membuatnya acuh tak acuh terhadap lingkungan dan tidak responsif, menyebabkan ketidakstabilan emosi yang menyebabkan mereka cenderung berperilaku agresif, munculnya perilaku kecurangan saat ujian, dan timbulnya kasus Cyberbullying. Keseluruhan penelitian ini menegaskan pentingnya pengelolaan yang bijak terkait penggunaan Handphone di kalangan peserta didik untuk memitigasi dampak negatif yang timbul dalam membentuk perilaku sosial yang positif di era digital saat ini. Kata Kunci : Penggunaan Handphone, Perilaku Sosial, Peserta didik remaja

Copyrights © 2023