Jurnal Pendidikan Ekonomi, Akuntansi dan Kewirausahaan (JPEAKU)
Vol 4 No 1 (2024): JPEAKU (Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Kewirausahaan)

Analisis Perilaku Belanja Online Pada E-Commerce Dengan Menggunakan Metode SEM-PLS

Saputra, Ilham Bagus (Unknown)
Ambarwati, Atika Nuraini (Unknown)
Yulianto, Safa'at (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2024

Abstract

Perkembangan teknologi di Indonesia yang sangat pesat ditandai dengan penggunaan internet yang meningkat. Salah satu alasan masyarakat Indonesia dalam mengakses internet adalah untuk melakukan belanja online. Tingginya tingkat penggunaan akses jual beli online di Indonesia menyebabkan munculnya banyak e-commerce. E-commerce adalah penyebaran, pembelian, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet, televisi, atau jaringan computer. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis variabel-variabel yang mempengaruh perilaku belanja online mahasiswa Institut Teknologi Statistika dan Bisnis Muhammadiyah Semarang. Responden pada penelitian ini sebanyak 93 mahasiswa aktif Institut Teknologi Statistika dan Bisnis Muhammadiyah Semarang yang pernah berbelanja online. Faktor-faktor yang dinilai mempengaruhi perilaku belanja online mahasiswa yaitu kepercayaan, kemudahan, kualitas layanan, promosi, pengaruh sosial, dan kenyamanan terhadap keputusan. Penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Model-Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil analisis SEM-PLS disimpulkan bahwa faktor kenyamanan dan promosi signifikan terhadap keputusan berbelanja online mahasiswa

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpeaku

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

JPEAKU (Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi dan Kewirausahaan) merupakan jurnal open access yang menerbitkan artikel berbasis hasil penelitian bidang keilmuan Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Kewirausahaan dan Ilmu Ekonomi. JPEAKU memberi kontribusi pada pemahaman, peningkatan, ...