Perkembangan teknologi di Indonesia yang sangat pesat ditandai dengan penggunaan internet yang meningkat. Salah satu alasan masyarakat Indonesia dalam mengakses internet adalah untuk melakukan belanja online. Tingginya tingkat penggunaan akses jual beli online di Indonesia menyebabkan munculnya banyak e-commerce. E-commerce adalah penyebaran, pembelian, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet, televisi, atau jaringan computer. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis variabel-variabel yang mempengaruh perilaku belanja online mahasiswa Institut Teknologi Statistika dan Bisnis Muhammadiyah Semarang. Responden pada penelitian ini sebanyak 93 mahasiswa aktif Institut Teknologi Statistika dan Bisnis Muhammadiyah Semarang yang pernah berbelanja online. Faktor-faktor yang dinilai mempengaruhi perilaku belanja online mahasiswa yaitu kepercayaan, kemudahan, kualitas layanan, promosi, pengaruh sosial, dan kenyamanan terhadap keputusan. Penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Model-Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil analisis SEM-PLS disimpulkan bahwa faktor kenyamanan dan promosi signifikan terhadap keputusan berbelanja online mahasiswa
Copyrights © 2024