Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata
Vol. 7 No. 2 (2024)

ANALISIS PENGARUH PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN: STUDI KASUS PADA THE BODY SHOP INDONESIA

Indra, Febryola (Unknown)
Hubner, Ira B. (Unknown)
Adi, Amanda (Unknown)
Himawan, Evelyn (Unknown)
Chen, Michelle Min (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini menganalisis dampak Corporate SocialResponsibility (CSR) terhadap loyalitas pelanggan di industri kecantikan, dengan fokus pada program-program CSR The Body Shop Indonesia seperti "Bring Back Our Bottle" (BBOB). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui studi pustaka dari berbagai literatur yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun CSR tidak selalu memiliki pengaruh langsung terhadap loyalitas pelanggan, program-program tersebut meningkatkan citra merek yang pada akhirnya memperkuat loyalitas pelanggan. Penggunaan bahan-bahan alami, program perdagangan yang adil, dan inisiatif ramah lingkungan berkontribusi positif terhadap persepsi konsumen. Keberhasilan CSR dalam meningkatkan loyalitas pelanggan juga dipengaruhi oleh transparansi dan komunikasi yang efektif mengenai program-program CSR yang dijalankan oleh perusahaan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JMPP

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

The journal is committed to a broad range of topics including tourism and travel management, leisure and recreation studies and the emerging field of event management. It contains both theoretical and applied research papers, and encourages the submission of the results of collaborative research ...