Penelitian ini menganalisis dampak Corporate SocialResponsibility (CSR) terhadap loyalitas pelanggan di industri kecantikan, dengan fokus pada program-program CSR The Body Shop Indonesia seperti "Bring Back Our Bottle" (BBOB). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui studi pustaka dari berbagai literatur yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun CSR tidak selalu memiliki pengaruh langsung terhadap loyalitas pelanggan, program-program tersebut meningkatkan citra merek yang pada akhirnya memperkuat loyalitas pelanggan. Penggunaan bahan-bahan alami, program perdagangan yang adil, dan inisiatif ramah lingkungan berkontribusi positif terhadap persepsi konsumen. Keberhasilan CSR dalam meningkatkan loyalitas pelanggan juga dipengaruhi oleh transparansi dan komunikasi yang efektif mengenai program-program CSR yang dijalankan oleh perusahaan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024