Penelitian ini dilatarbelakangi oleh setiap perusahaan harus menghasilkan produk yang berkualitas sehingga konsumen tertarik untuk membelinya. Namun dalam prosesnya, setiap produksi memiliki kemungkinan yang besar dalam menghasilkan produk yang kurang baik. Perusahaan yang menghasilkan produk yang berkualitas tinggi, akan mendapatkan predikat sebagai perusahaan yang mengutamakan kualitas dan akan dipilih oleh konsumen sebagai produk yang dibelinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisa kualitas produk pada perusahaan manufaktur dalam perspektif islam. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Hasil dari penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelanggan yaitu diantaranya : 1) Kualitas dari pelayanan, 2) Emosi, 3) Harga jual, serta 4) Biaya produksi. Al- Qur’an menggunakan sistem memproduksi barang dengan arti penting dan sangat luas. Al Qur’an menekankan bahwa pada produk jadi, penciptaannya berkaitan atas kebutuhan masyarakat, bukan untuk kemewahan saja tetapi dalam rangka memenuhi kehidupan masyarakat.
Copyrights © 2023