Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui strategi manajemen pemasaran dalam meningkatkan jumlah peserta didik di SMK Al-Ma’shum Mardiyah Cianjur. Jenis penelitian ini ialah penelitian deskriptif pendekatan kualitatif. Hasil penelitian yang didapat dari penelitian yaitu: (1) Strategi manajemen pemasaran dalam meningkatkan jumlah peserta didik di SMK Al-Ma'shum Mardiyah yaitu: Menentukan sekolah berbasis kejuruan, penyuluhan kepada masyarakat tentang pentingnya pendidikan, bekerjasama dengan sekolah tingkat SMP untuk merekomendasikan SMK Al-Ma’shum Mardiyah, publikasi sekolah dengan penyebaran brosur dan pemasangan spanduk, publikasi sekolah lewat media sosial, dan membekali siswa yang siap kerja. (2) Faktor pendukung: Sarana dan prasarana, serta faktor lingkungan dan tempat yang strategis. (3) Hambatan: Kurangnya pemahaman masyarakat akan pentingnya pendidikan, faktor ekonomi, dan faktor keuangan lembaga. (4) Solusi mengatasi hambatan: Penyuluhan tentang makna penting pendidikan dan publikasi secara konsisten kepada masyarakat serta calon peserta didik, meyakinkan masyarakat bahwa dengan menyekolahkan anaknya di sekolah kejuruan maka akan meningkatkan taraf ekonomi keluarga karena anak mereka telah dibekali kompetensi siap kerja, serta bernegosiasi dan berdikusi dengan pihak Yayasan terkait perencanaan dan pengelolan sekolah ke depannya.
Copyrights © 2024