Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah
Vol. 4 No. 01 (2024): Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah

STRATEGI MANAJEMEN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PESERTA DIDIK DI SMK AL-MA’SHUM MARDIYAH KECAMATAN CUGENANG KABUPATEN CIANJUR

Rustandi, Ahmad (Unknown)
Ginanjar, M. Hidayat (Unknown)
Heriyansyah, Heriyansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui strategi manajemen pemasaran dalam meningkatkan jumlah peserta didik di SMK Al-Ma’shum Mardiyah Cianjur. Jenis penelitian ini ialah penelitian deskriptif pendekatan kualitatif. Hasil penelitian yang didapat dari penelitian yaitu: (1) Strategi manajemen pemasaran dalam meningkatkan jumlah peserta didik di SMK Al-Ma'shum Mardiyah yaitu: Menentukan sekolah berbasis kejuruan, penyuluhan kepada masyarakat tentang pentingnya pendidikan, bekerjasama dengan sekolah tingkat SMP untuk merekomendasikan SMK Al-Ma’shum Mardiyah, publikasi sekolah dengan penyebaran brosur dan pemasangan spanduk, publikasi sekolah lewat media sosial, dan membekali siswa yang siap kerja. (2) Faktor pendukung: Sarana dan prasarana, serta faktor lingkungan dan tempat yang strategis. (3) Hambatan: Kurangnya pemahaman masyarakat akan pentingnya pendidikan, faktor ekonomi, dan faktor keuangan lembaga. (4) Solusi mengatasi hambatan: Penyuluhan tentang makna penting pendidikan dan publikasi secara konsisten kepada masyarakat serta calon peserta didik, meyakinkan masyarakat bahwa dengan menyekolahkan anaknya di sekolah kejuruan maka akan meningkatkan taraf ekonomi keluarga karena anak mereka telah dibekali kompetensi siap kerja, serta bernegosiasi dan berdikusi dengan pihak Yayasan terkait perencanaan dan pengelolan sekolah ke depannya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendikia

Publisher

Subject

Religion Social Sciences

Description

contains various activities of the teaching staff in STAIA Bogor in handling and managing the different potentials, obstacles, challenges, and problems that exist in society. Implementation of service activities also involves the participation of the community and partners. Service activities are ...