Kajian ini berfokus pada manajemen kurikulum muatan lokal Kulliyatul Muallimin al-Islamiyyah Gontor dalam meningkatkan kualitas pendidikan dengan bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapannya agar bisa menghasilkan pendidikan yang berkualitas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menerapkan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Metode analisis data menerapkan pendapat Miles dan Huberman yang mencakup perangkuman data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan kurikulum muatan lokal mengacu pada Pondok Modern Darussalam Gontor, Pelaksanaan mengacu kepada Uswatun Hasanah, pengarahan, penugasan, pembiasaan, dan penciptaan lingkungan kondusif, Faktor pendukung dalam penerapannya mencakup fasilitas yang mendukung, baiknya pemahaman para guru dalam materi ajar, dan kedisiplinan yang dikawal ketat. Kendala yang muncul ialah tenaga pendidik yang masih dalam pengembangan diri, kurang antusias dalam melaksanakan kegiatan berbahasa asing, dan kelengkapan administratif guru-guru yang kurang. Evaluasi meliputi evaluasi terhadap materi, pelaksanaan, dan program penilaian. Maka solusi yang ditempuh adalah membuat target jangka lima tahunan, motivasi, pembinaan peserta didik, meningkatkan karir seluruh tenaga pendidik, melakukan studi banding dalam hal peningkatan mutu, dan memaksimalkan dalam pelaksanakan kaderisasi.
Copyrights © 2024