Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah
Vol. 4 No. 01 (2024): Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah

UPAYA GURU AL-QURAN DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QURAN SISWA KELAS V DI SDIT BUAHATI ISLAMIC SCHOOL KARAWANG TAHUN AJARAN 2021-2022

Muslim, Zulpian (Unknown)
Priyatna, Muhamad (Unknown)
Maulida, Ali (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rasa tanggung jawab seorang guru terhadap muridnya dalam mengajarkan Al-quran. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan upaya guru Al-Quran dalam meningkatkan hafalan Al-Quran. (2) untuk mengetahui faktor-faktor pendukung upaya guru Al-Quran dalam meningkatkan hafalan Al-Quran. (3) untuk mengetahui faktor-faktor penghambat upaya guru Al-Quran dalam meningkatkan hafalan Al-Quran. (4) untuk mengetahui solusi terhadap faktor-faktor penghambat upaya guru Al-Quran dalam meningkatkan hafalan Al-Quran. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian lapangan kualitatif. Hasil penelitiannya yaitu sebagai berikut: Pertama, Upaya Guru Al-Quran dalam meningkatkan Hafalan Al-Quran Siswa kelas V di SDIT Buahati karawang yaitu: (a) pemberiran motivasi; (b) pemberian tugas dan reward; (c) muraja’ah; (d) menggunakan metode bervariasi; Kedua, faktor pendukungnya adalah (a) faktor kesehatan; (b) faktor psikologi; (c) faktor kecerdasan; (d) istiqomah; (e) target hafalan. Ketiga, faktor penghambatnya adalah (a) siswa belum mampu membaca Al-Quran; (b) kesehatan guru; (c) kurang motivasi dalam menghafal. (d) rasa malas. (e) perbedaan kecerdasan antara siswa. (f) alokasi waktu. Keempat, solusi terhadap faktor penghambat adalah (a) membuat absensi, buku rapot harian dan semesteran; (b) setoran dirumah guru Al-Quran; (c) guru Al-Quran memberikan tips agar mudah menghafal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendikia

Publisher

Subject

Religion Social Sciences

Description

contains various activities of the teaching staff in STAIA Bogor in handling and managing the different potentials, obstacles, challenges, and problems that exist in society. Implementation of service activities also involves the participation of the community and partners. Service activities are ...