Penelitian ini dilatar belakangi oleh rasa tanggung jawab seorang guru terhadap muridnya dalam mengajarkan Al-quran. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan upaya guru Al-Quran dalam meningkatkan hafalan Al-Quran. (2) untuk mengetahui faktor-faktor pendukung upaya guru Al-Quran dalam meningkatkan hafalan Al-Quran. (3) untuk mengetahui faktor-faktor penghambat upaya guru Al-Quran dalam meningkatkan hafalan Al-Quran. (4) untuk mengetahui solusi terhadap faktor-faktor penghambat upaya guru Al-Quran dalam meningkatkan hafalan Al-Quran. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian lapangan kualitatif. Hasil penelitiannya yaitu sebagai berikut: Pertama, Upaya Guru Al-Quran dalam meningkatkan Hafalan Al-Quran Siswa kelas V di SDIT Buahati karawang yaitu: (a) pemberiran motivasi; (b) pemberian tugas dan reward; (c) muraja’ah; (d) menggunakan metode bervariasi; Kedua, faktor pendukungnya adalah (a) faktor kesehatan; (b) faktor psikologi; (c) faktor kecerdasan; (d) istiqomah; (e) target hafalan. Ketiga, faktor penghambatnya adalah (a) siswa belum mampu membaca Al-Quran; (b) kesehatan guru; (c) kurang motivasi dalam menghafal. (d) rasa malas. (e) perbedaan kecerdasan antara siswa. (f) alokasi waktu. Keempat, solusi terhadap faktor penghambat adalah (a) membuat absensi, buku rapot harian dan semesteran; (b) setoran dirumah guru Al-Quran; (c) guru Al-Quran memberikan tips agar mudah menghafal.
Copyrights © 2024