Abstrak: Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mendeskripsikan penggunaan multimedia interaktif untuk meningkatkan kemampuan dasar peraturan baris-berbaris peserta didik di ekstrakurikuler Paskibra. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah basic time-series design. Sampel penelitian berjumlah 24 peserta didik yang aktif mengikuti kegiatan Paskibra. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda berjumlah 24 butir soal yang mencakup aspek aba-aba, gerakan, dan perubahan arah. Pengumpulan data dilakukan sebanyak tiga kali pada setiap pre-test dan post-test. Teknik analisis data yakni statistik deskriptif dan parametris menggunakan uji hipotesis paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan multimedia interaktif dapat meningkatkan kemampuan dasar Peraturan Baris-berbaris (PBB) peserta didik di ekstrakurikuler Paskibra. Peningkatan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil uji statistik yang membuktikan bahwa rata-rata skor post-test memiliki skor lebih tinggi. Peningkatan juga terjadi pada setiap aspek meliputi aspek aba-aba, gerakan, dan perubahan arah.Kata Kunci: Multimedia Interaktif; Paskibra; Peraturan Baris-berbaris
Copyrights © 2024