Covid-19 mematikan dan melumpuhkan aktivitas kalangan masyarakat, covid juga telah mengubah system Pendidikan di seluruh dunia, yangmengarah ke penutupan sekolah dari jenjang sekolah dasar sampai ke universitas. segala kegiatan seperti kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah maupun Universitas harus dilakukan di rumah atau dilakukan secara online untuk mencegah penyebaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor kendala pembelajaran jarak jauh bagi mahasiswa program prasca sarjana yang sedang menjalani pendidikan di institut Pendidikan Indonesia (IPI). Subjek penelitian ialah mahasiswa Pasca Sarjana Program Teknologi Pendidikan Angkatan 16 dan 17 yang berdomisili di wilayah Garut, Tasik dan Bandung. Teknik pengambilan data yang peneliti lakukan ialah menggunakan google form dan observasi di dalam kelas online melalui Zoom Meeting. kegiatan pembelajaran jarak jauh, walaupun dinilai cukup efektif, namun bagi beberapa mahasiswa yang tinggal di daerah yang cukup terpencil dianggap menjadi sebuah kendala dikarenakan beberapa faktor. Faktor- faktor tersebut adalah sarana gawai, koneksiinternet dan kelancaran komunikasi.
Copyrights © 2023