Tujuan penelitian ini yaitu (1) menganalisis peningkatan kemampuan berpikir siswa pada implementasi pembelajaran berbasis masalah?, (2) menganalisis peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada implementasi pembelajaran berbasis masalah dengan berbantuan buku digital interaktif? dan (3) menganalisis perbedaan kemapuan berpikir kritis siswa antara siswa yang memperoleh Pembelajaran Berbasis Masalah berbatuan Buku digital interaktif dengan yang tidak berbatuan buku digital interaktif?. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu yang pada dasarnya hampir sama dengan penelitian eksperimen murni dimana dalam penelitian ini menguji pengaruh satu atau lebih variabel terhadap variabel lain. Adapun rancangan penelitian yang akan dilakukan yaitu menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Groups Design. Dimana desain penelitian Nonequivalent Control grup design ini membagi kelompok menjadi dua kelompok, yaitu kelompok kelas kontrol dan kelompok kelas eksperimen. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan bisa ditarik kesimpulan bahwa Terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan buku digital interaktif pada pembelajaran Kewirausahaan kelas XII di SMK Fauzaniyyah.
Copyrights © 2023