PROSIDING : Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika
Vol 6, No 6 (2015): SNFPF 2015 Prospek Pendidikan Sains 5 Tahun ke Depan

Pengembangan Bahan Ajar IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP

Wahyuni, Sri ( Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember)



Article Info

Publish Date
12 Sep 2015

Abstract

Bahan ajar dapat didefinisikan sebagai uraian dari seperangkat materi yang disusun secara sistematik baik tertulis maupun tidak tertulis sehingga tercipta lingkungan atau suasana yang memungkinkan siswa untuk belajar. Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Bahan ajar yang dikembangkan merupakan bahan ajar cetak yang dipegang oleh guru dan siswa. Pengambilan sampel penelitian ini adalah siswa Mts Bustanul ulum Panti Kabupaten Jember. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan metode penelitian Research and Develpoment menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa baik yang diambil dari teknik tes maupun praktikum. Berdasarkan dari teknik tes diperoleh hasil 75% siswa memiliki kemampuan berpikir kritis dimana 7,5% memiliki kemampuan sangat kritis. Simpulan penelitian ini adalah pengembangan bahan ajar dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.Kata kunci : Bahan ajar, Ilmu Pengetahuan Alam, Berpikir kritis.

Copyrights © 2015